Cara Tes Kecepatan dan Koneksi Internet

Helo guys di tutorial ini saya akan menjelaskan cara tes kecepatan dan koneksi internet kalian. Apa tujuannya saya mengecek kecepatan dan koneksi internet? Pengalaman ini saya bagikan karena ketika saya menggunakan salah satu provider internet, yang seharusnya saya mendapatkan kecepatan download 10 Mbps, malah kecepatan internet saya hanya dibawah 7 Mbps. Tes ini saya lakukan berulang kali, dan saya kesal karena saat saya menonton streaming, selalu buffering, padahal pengguna internetnya hanya saya sendiri. Kecepatan internet. Akhirnya saya komplain ke provider tersebut, dan kini kecepatan internet saya sudah mendekati 10 Mbps.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, downstream maupun upstream, diantaranya yaitu spesifikasi perangkat keras dari laptop ataupun hp kalian, modem atau router, batasan bandwidth, tipe atau mode jaringan internet, kekuatan sinyal, server yang kalian gunakan, serta jumlah pengguna internet yang mengakses jaringan yang sama.

Untuk mengecek kecepatan internet kalian dapat menggunakan tools yang tersedia secara online. Berikut adalah langkahnya:
Cara 1. Cek Kecepatan Internet
- Buka browser kalian
- Pada address bar ketik Test Internet Speed lalu klik enter
- Disini saya akan membuka situs www.speedtest.net untuk mengecek kecepatan internet
- Klik GO untuk menguji kecepatan
- Akan keluar hasil kecepatan untuk download dan upload dari jaringan internet kalian.

Cara 2. Cek Koneksi Internet
- Pertama hubungkan perangkat laptop/pc ke internet
- Pada kolom pencarian di taskbar ketik CMD lalu buka Command Prompt
- Ketik ping 8.8.8.8 -t lalu klik enter. script ping 8.8.8.8 -t ini berfungsi untuk mengetahui seberapa cepat respon/koneksi laptop saya ke server Google.
- Perhatikan nilai Time, apabila nilainya kecil maka koneksi kamu semakin cepat, apabila nilai besar koneksi melambat.
Untuk menghentikan dan melihat statistik ping tekan keyboard CTRL+R

Oke guys demikian penjelasan cara tes kecepatan dan koneksi internet di laptop/pc menggunakan CMD dan tool online, semoga tutorial ini bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Post a Comment

0 Comments