Memperbaiki Flashdisk Format Raw Tidak Bisa Dibuka

Flashdisk adalah tempat penyimpanan data eksternal yang portabel. Flashdisk umumnya menggunakan format FAT32 dan NTFS. Namun format pada flashdisk dapat berubah menjadi RAW sehingga membuat komputer tidak dapat membaca data pada flashdisk dengan format mentah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan flashdisk berganti format, misalnya virus, flashdisk sering dicabut tanpa eject terlebih dahulu, dan lainnya. Apabila flashdisk menjadi raw, umumnya kapasitas flashdisk yang tadinya beberapa GB menjadi 0 GB. Ada beberapa cara untuk mengubah flashdisk yang RAW menjadi normal kembali mislanya mengubah sistem write protected melalui RegEdit, format melalui CMD, dan format menggunakan software. Apabila flashdisk kalian menjadi raw, kalian tidak dapat format dengan cara standar, sehingga harus menggunakan langkah yang saya sebutkan tadi.

Di tutorial ini saya akan menjelaskan cara memperbaiki flashdisk RAW dengan melakukan format melalui CMD atau command Prompt:

1. Buka Command Prompt
2. Ketik diskpart, tekan enter
3. Ketik list disk, tekan enter
4. Ketik select disk 2 (cek di list disk)
5. Ketik create partition primary, lalu tekan enter
6. Buka flashdisk kalian di file explorer, lalu klik Format Flash disk
7. Gunakan file system FAT32 saat format.

OK guys sekian tutorial yang dapat saya bagikan semoga ada manfaatnya. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments