Mengapa WINBOX sering DISCONNECT sendiri "Router has been Disconnected"

Helo guys di artikel singkat ini saya akan menjelaskan cara mengatasi winbox sering disconnect sendiri. Hal ini terjadi berdasarkan pengalaman saya ketika hendak login dan mengganti template di mikrotik. Muncul tulisan "Router has been disconnected" atau router terputus. Ini sering terjadi, sehingga untuk keluar dari winbox saya terpaksa  harus mematikan winbox secara paksa melalui Task Manager.

Awalnya saya pikir ini terjadi karena firewall, atau bug di pc. Ternyata setelah saya pelajari yang menjadi penyebab winbox disconnect yaitu lemahnya jaringan internet dari router ke laptop saya. Untuk mengeceknya saya coba melakukan tes PING ke server google yaitu dengan masuk ke Command Prompt, lalu masukan script berikut: ping 8.8.8.8 -t


Hasilnya saat saya membuka winbox, aplikasi tersebut disconnect ketika hasil ping muncul request time out, yang berarti koneksi terputus. Koneksi juga putus saat nilai ping sangat besar. Pada hasil ping kalian perlu memperhatikan nilai time, jika dibawah 100ms maka koneksi internet lacar, namun jika diatas koneksi melambat, inilah yang menyebabkan Winbox sering disconnect.

Akhirnya saya memutuskan untuk menempatkan router di dekat laptop, sehingga jaringan lebih baik,. dan terbukti bahwa winbox tidak lagi disconnect sendiri. Kalian juga dapat menambahkan wifi extender atau booster untuk memperluas jaringan di tempat kalian untuk mengatasi masalah apabila winbox/router yang sering disconnect. Demikian penjelasan singkat dari saya semoga bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Post a Comment

0 Comments