10 Cara Mengurangi Radiasi Hp yang Wajib Diketahui

Hp merupakan alat komunikasi, informasi, hiburan dan sosial yang sudah tidak dapat lagi dipisahkan dari kebutuhan manusia. Handphone memang memiliki banyak manfaat, namun ada juga resiko yang ditimbulkan. Penggunaan handphone dalam jangka pendek atau panjang diduga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, diantaranya seperti gangguan pada otak, memperlambat pertumbuhan pada anak, gangguan syaraf, sakit kepala, tumor,  Alzheimer, Parkinson, kanker, gangguan reproduksi, serta kerusakan pada mata. Hal ini dikarenakan hp memancarkan gelombang radiasi berupa sinyal radio frekuensi (RF) dalam kondisi aktif untuk mencari sinyal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan International Agency for Research on Cancer (IARC), WHO menlansir bahwa radiasi hp bersifat karsinogenik terhadap manusia.

Ponsel berkomunikasi dengan mentransimisikan gelombang radio melalui jaringan antena tetap. Ponsel memancangkan frekuensi radio antara 450 dan 2700 MHz dengan daya 0,1-2 watt. Untuk menghindari resiko terpapar radiasi dari sinyal handphone yang dapat menggangu kesehatan, maka berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi dampak buruk tersebut. 

1. Jangan Meletakan Hp di Samping Telinga Saat Telepon
Sebaiknya gunakan loud speaker atau headset saat menelepon. Radiasi akan meningkat apabila kalian sedang menelepon. Untuk itu sebainya jauhkan hp dari kepala agar tidak terpapar langsung radiasi RF karena dapat memicu kerusakan pada otak. 


2. Jangan Gunakan Ponsel Saat Sinyal Lemah
Apabila sinyal di ponsel kamu lemah, sebaiknya jangan digunakan, hal ini karena radiasi pada hp akan meningkat untuk mencari keberadaan sinyal. Sinyal umumnya lemah saat kalian berada diruangan tertutup (misalnya di lift)  atau jauh dari jangkauan tower penguat sinyal. Jauhkan atau nonaktifkan sinyal ponsel agar tidak terpapar radiasi yang tinggi. Kalian juga dapat mengganti sinyal ke EDGE atau GPRS, yang dapat lebih mudah ditangkap oleh hp. Jangkauan sinyal akan lebih baik apabila kalian berada di luar ruangan terbuka.

3. Jangan Menyimpan Samrtphone di Pakaian
Menyimpan smartphone pada saku baju atau celana merupakan hal praktis, karena ukuran smatphone yang kecil. Namun sebaiknya simpan hp dalam tas agar tidak terekpos radiasi secara terus menerus, apalagi jika sangat berdekatan dengan tubuh kalian. 

4. Jangan Membeli Hp dengan Radiasi yang Tinggi
Saat membeli hp tertentu, sebaiknya cari hp yang mengeluarkan radiasi yang tidak terlalu tinggi. Hp zaman now ini umumnya mengeluarkan radiasi yang lebih rendah dibandingkan hp zaman dulu (hp kayu), meski sinyal yang ditangkap lebih rendah pada hp yang baru. 

5. Jangan Tidur dengan Hp di Samping
Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh hampir semua orang, yaitu tidur dengan hp di sampingnya. Apabila kalian bermain hp sambil tiduran, mata kalian akan cepat kelelahan, sehingga biasanya hp akan diletakan di samping badan saat kalian tertidur. Posisi hp juga dapat berubah, bisa disamping, atau berada dibawah tubuh, bahkan lebih parahnya apabila terletak di samping kepala. Hal ini akan membuat kepala menjadi pusing dan mual-mual karena terpapar radiasi hp. Untuk itu sebelum tidur sebaiknya matikan ponsel atau letakan ponsel jauh dari tempat tidur kalian. 


6. Atur Jarak Mata dari Ponsel
Bermain game di ponsel dengan jarak mata yang dekat dapat merusak mata. Untuk itu jaga jarak mata dari hp agar terhindar dari radiasi cahaya yang berlebihan yang dapat merusak mata dan membuat mata kalian menjadi cepat lelah. Atur juga intensitas cahaya atau gunakan filter cahaya biru agar mata tidak cepat rusak. 

7. Jauhkan Handphone dari Anak
Di zaman saat ini, anak-anak sudah ketagihan dengan gadjet. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh aktivitas, kebiasaan dan kesibukan orang tua saat berada dengan anak-anak. Apabila anak kalian ingin bermain gadjet sebaiknya gunakan mode pesawat untuk mematikan sinyal radio frekuensi pada hp. Download offline game atau video, sehingga anak kalian tidak terpapar radiasi yang berlebihan.

8. Jangan Menelpon Kelamaan
Kebiasaan menelpon kelamaan sering ditemui pada pasangan yang sedang dimabuk cinta. Apalagi jika provider menawarkan paket telpon gratis atau telpon dengan durasi yang lama, seringkali mereka bisa lupa waktu. Hal ini sebaiknya dihindari, karena tubuh akan terpapar radiasi dalam durasi yang lama. Untuk itu sebaiknya batasi waktu telepon, atau jika ada banyak hal yang ingin dibahas sebaiknya atur waktu pertemuan secara langsung.

9. Jangan Main Game Kelamaan
Main game kelamaan tidak hanya membuat mata kalian cepat lelah dan rusak. Namun kalian juga dapat terkena radiasi dari hp apabila bermain game online. Batasi waktu bermain dan sebaiknya gunakan wifi agar tidak terpapar radiasi yang berlebihan.

10. Gunakan Stiker atau Casing Anti-Radiasi
Saat ini sudah tersedia Casing ataupun stiker anti-radiasi yang dapat kalian beli di toko atau secara online. Carilah produk asli stiker atau casing hp yang dapat mengurangi radiasi. 

Oke guys demikian informasi dan tips bagaimana cara menghindari radiasi hp yang dapat membahayakan kesehatan kalian. Share informasi ini ke keluarga atau teman-teman yang kalian, agar mereka juga mengetahui hal tersebut. 

Post a Comment

0 Comments