Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Apabila hp kalian overheat atau panas berlebih dari biasanya, jangan pernah disepelekan. Hp overheat dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Hal ini dapat terjadi pada perangkat Android atau Iphone. Panas umumnya dihasilkan oleh listrik yang bergerak atau mengalir dari baterai ke sirkuik dan perangkat keras dalam hp. Apabila suhu sangat panas dari biasanya jika dipegang, maka hal ini merupakan masalah serius. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa komponen yang rusak di dalam hp, misalnya seperti LCD, prosesor, IC atau baterai yang rusak.


Kerusakan pada hp juga dapat di diduga berdasarkan sumber panas pada bagian hp, misalnya apabila bagian belakang hp panas, biasanya kerusakan terjadi pada baterai. Sementara bila bagian depan layar hp terasa lebih panas dari area lain, kerusakan mungkin disebabkan oleh LCD yang rusak. Periksa juga bagian lain yang mungkin menyebabkan hp menjadi panas seperti faktor internal dan external.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan suhu hp meningkat.
1. Periksa Faktor Eksternal
Apabila hp kamu diletakan di tempat yang panas, seperti di dalam mobil pada siang hari, di atas CPU, atau di atas kulkas, maka suhu hp akan meningkat. Hal ini dapat membuat baterai tidak stabil dan bocor karena overheat. Faktor lainnya yaitu hp kamu kemasukan air, yang dapat merusak komponen di dalam hp dan menyebabkan konsleting. Masuknya air juga dapat menyebabkan suhu pada LCD menjadi sangat panas. Selain itu, kalian perlu memeriksa charger yang digunakan, apakah charger tersebut ORI atau tidak? Jika tidak ada kemungkinan arus yang masuk terlalu besar sehingga membuat hp menjadi cepat panas.

2. Perhatikan Settingan Hp
Settingan pada hp seperti GPS, wifi, widget, live wallpaper, dan kamera, jika dalam keadaan aktif, dapat menyebabkan hp bekerja ekstra, sehingga mengeluarkan panas. Sebaiknya matikan perangkat apabila tidak digunakan, termasuk juga mengurangi kecerahan hp, mematikan notifikasi, dan menghapus aplikasi yang menggunakan energi lebih banyak dan tidak kalian gunakan

3. Aplikasi Streaming dan Gaming
RAM, processor, GPU, dan komponen lain akan bekerja lebih keras apabila kalian membuka aplikasi gaming dan streaming dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat membuat permukaan hp terasa panas. Apalagi jika kalian membuka banyak aplikasi yang masih bekerja pada background. Sebaiknya matikan aplikasi yang runnning di background, dan matikan sebentar aplikasi gaming jika panas meningkat agar baterai hp lebih awet.

4. Periksa Aplikasi dan Update 
Aplikasi seperti virus dan malware dapat masuk ke hp secara tidak sengaja. Aplikasi tersebut dapat membuat hp menjadi panas dan lambat karena menggunakan sebagian besar kinerja memori dan processor. Ketika hp menjadi panas, maka akan membuat baterai kembung. Hapuslah aplikasi yang mencurigakan pada hp kalian secara manual atau gunakan antivirus resmi. Janganlah menginstal sembarang aplikasi dari Google Play, karena dapat disisipkan malware di dalamnya oleh hacker. Selain itu lakukan pembaharuan pada OS kalian, karena kemungkinan terdapat bug pada sistem yang membuat hp menjadi panas.

Post a Comment

0 Comments