Alasan Mengapa Hp Bisa Meledak Serta Cara Mencegahnya

Apakah hp bisa meledak, itulah pertanyaan yang mungkin terlintas di pikiran kita setelah membaca judul artikel di atas. Kasus hp meledak secara tidak sengaja sebenarnya jarang sekali terjadi. Namun ada beberapa kejadian hp meledak disebabkan oleh baterai, ada juga berita HOAKS yang sengaja dibuat dan disebarkan ke netisen melalui sosial media untuk membuat kita kuatir. Mungkin kalian pernah mendengar berita mengenai Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar, hal dikarenakan baterai Lithium-ion yang dipasok ke Samsung memiliki masalah atau kerusakan yang menyebabkannya meledak. Hal ini membuat Samsung terpaksa menarik dan menghentikan produksi hpnya tersebut dari pasar. Sebenarnya, meledaknya hp dapat disebabkan bukan hanya karena kerusakan pada hardware yang digunakan, melainkan ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh.


Hp meledak umumnya disebabkan oleh baterai Lithium-ion yang terbakar yang mana mengalami proses yang disebut Thermal Runaway. Baterai Lithium mengandung miliaran ion yang memiliki suhu kritis. Apabila suhu melebihi ambang batas yang disebabkan karena panas berlebihan, pengisian baterai berlebihan, panas eksternal, kesalahan hardware, maka sel tersebut akan melepaskan panas dan gas yang membuat baterai menjadi mengembang dan akhirnya bisa meledak. Baterai yang membuncit juga dapat disebabkan oleh adanya lubang atau bocoran pada baterai yang dapat disebabkan oleh hp tertindis atau jatuh. Hp yang bocor dapat menyebabkan konselting listrik dimana bagian dari sel keluar dari lapisan baterai dan saling bersentuhan antara positif dan negatif. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk menghindari kerusakan pada baterai hp yang dapat memicu Thermal Runaway.

1. Jangan Meletakan Hp di dalam Mobil
Hp yang diletakan di dalam mobil dalam kondisi aktif sangat berbahaya. Apalagi jika suhu mobil meningkat atau hp terkena langsung cahaya matahari yang terik, hal ini dapat membuat suhu pada baterai menjadi tidak stabil dan mengakibatkan konslet. Baterai dapat menghasilkan gas karbon dioxida dan oksigen sehingga membuatnya mengembung dan akhirnya dapat meledak.

2. Jangan Cas Menggunakan Produk KW
Cas hp kalian dengan charger yang ORI yang memiliki sertifikasi dari produsen hp kalian. Cas yang palsu dapat menyebabkan panas berlebih pada baterai dan membuat baterai rusak atau mengembung apabila sering digunakan.

3. Jangan Banting Hp atau Patahkan Hp
Membanting atau mematahkan hp saat kesal, dapat mengakibatkan kerusakan fisik pada hp dan baterai. Hal ini sangat berbahaya apabila baterai Lithium kalian bocor, karena dapat menyebabkan lapisan tipis lithium dan oksigen yang dipisahkan oleh elektrolit saling bersinggungan sehingga dapat memicu reaksi Thermal Runaway.

4. Jangan Cas Berlebihan
Charging merupakan pola rutin yang harus kita lakukan apabila baterai sudah habis. Namun sebaiknya jangan meninggalkan hp dicas secara berlebihan pada kondisi baterai sudah full. Reaksi ini akan membuat baterai dan kabel menjadi panas, sehingga dapat menyebabkan kebocoran apabila sering terjadi. Namun sebenarnya, saat ini sebagian besar smartphone sudah dibekali dengan chip yang dapat menghentikan proses charge apabila baterai sudah penuh. Apabila kalian sedang cas, sebaiknya jangan meletakan hp ditempat tidur, atau tempat yang mudah memicu terjadinya kebakaran lebih besar.

5. Hp Terkena Air
Umumnya ketika hp terkena percikan air, dapat menyebabkan terjadinya konselting. Selain menyebabkan hp mati total serta kerusakan pada sirkuit hp, kemasukan air juga dapat menyebabkan overheat pada hp. Hal ini pernah terjadi pada hp milik saya yaitu Asus Zenfone 4 ZE554KL yang kemasukan air, dan mengakibatkan hp menjadi cepat panas setelah hp dinyalakan. Untungnya hp tersebut saya bawakan ke tempat servis, dan ternyata ICnya mengelami kerusakan, sehingga hp mengalami overheat. Apabila ini terjadi pada hp kalian, segera matikan hp dan periksa kerusakannya di tempat servis, karena overheat pada hp sangat berbahaya dan dapat memicu ledakan pada baterai.

6. Menggunakan Baterai Palsu
Menggunakan baterai palsu yang harganya lebih murah dapat menyebabkan konselting pada hp. Selain baterai palsu cepat rusak dan bocor, spesifikasinya umumnya tidak sesuai dengan baterai asli. Baterai palsu bisa menyebabkan terjadinya overheat, dan meledak apabila digunakan. Untuk itu sebaiknya jangan pernah beli baterai palsu alias KW.

Post a Comment

0 Comments