Bagaimana Mengetahui Orang yang Menggunakan Wifi Indihome Kamu

Di tutorial kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetahui siapa saja orang yang menggunakan wifi indihome kamu. Pemakaian indihome oleh banyak orang seringkali membuat internet menjadi lemot dan FUP indihome menjadi cepat habis. Meski wifi indihome kalian sudah diproteksi dengan password, namun belum tentu menjamin ada orang lain yang menggunakan atau mengakses jaringan internet kalian tanpa ijin. Untuk itu kalian perlu mengecek atau memastikan siapa saja yang menggunakan internet tanpa ijin kalian, apabila internet terasa lemot.

Berikut ini adalah langkah mengecek pengguna wifi di modem ZTE Indihome.
1. Connect ke jaringan wifi indihome kamu
2. Buka browser kemudian masuk ke alamat berikut: 192.168.1.1
3. Masukan username dan password: user (atau admin)
4. Pilih menu Network, lalu klik Associated Devices

Pada bagian associated devices terdapat list alamat MAC address yang sedang menggunakan wifi kamu. MAC address atau physical address merupakan tanda pengenal unik dengan nomor seri tertentu yang dimiliki oleh perangkat Network Interface. Untuk memastikan MAC address tersebut milik orang yang tidak dikenal, kalian harus mengetahui MAC address pada perangkat yang kalian miliki, atau perangkat yang digunakan orang lain yang kalian kenal yang juga mengakses jaringan wifi yang sama. Apabila kalian tidak mengenal MAC address dari perangkat tertentu, kalian dapat memblokirnya. Untuk cara blokir, dapat kalian lihat pada link berikut: https://www.techdidak.com/2020/01/cara-blokir-semua-pengguna-internet.html

Sekian informasi bagaimana mengecek orang lain yang mengakses wifi indihome kalian, semoga bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan lebih lanjut.

Post a Comment

0 Comments