Cara Bridging Wifi Indihome Menggunakan Router TP-Link

Di tutorial ini saya akan menjelaskan cara membuat wireless bridge menggunakan tp-link dengan memanfaatkan fitur WDS. WDS atau dikenal dengan Wireless Distribution System merupakan sistem yang dapat menghubungkan perangkat wireless untuk memperluas jaringan tanpa memerlukan kabel backbone, sehingga pemasangan jaringan lebih efektif dan efisien. Sistem ini sangat mudah untuk digunakan karena hanya membutuhkan dua atau lebih access point untuk menghubungkan jaringan wireless.

Untuk membuat wireless bridge point-to-point, disini saya gunakan access point dari modem indihome yang terhubung ke internet sebagai AP1, dan tp-link sebagai AP2. Langsung saja ke prakteknya:

1. Connect dan login ke router tplink di alamat 192.168.0.1
2. Masukan username dan password (default password dan usernamenya yaitu admin)
3. Masuk ke Network - LAN, lalu ubah ip address dari 192.168.0.1 menjadi 192.168.1.150
4. Masuk ke Wireless - Wireless Settings, ganti nama Network name, lalu pilih Enable WDS Bridging. Tekan tombol Survey, lalu connect pada SSID wifi Indihome kalian. Pada key type masukan WPA PSK, lalu masukan password SSID indihome kalian.
5. Masuk ke DHCP - DHCP Settings, ganti DHCP server menjadi Disable.
6. Untuk membuat password pada wifi dari wifi tp link masuk ke Wireless - Wireless Security, pilih WPA/WPA 2 Personal, lalu ketikan password.
7. Jangan lupa untuk Save, dan Reboot untuk menyimpan settingan pada Tp-Link

Catatan:
- Pastikan perangkat Wireless mendukung fitur WDS
- IP Address pada perangkat wireless harus berbeda.
- Gunakan channel radio wireless yang sama
- Matikan DHCP pada AP2 (Access point repeater), sebab default gateway diambil dari AP1 yang terhubung ke internet.

Oke guys demikian cara membuat wireless bridge dari wifi indihome ke router Tp-Link, semoga informasi bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments