Cara Membatasi Jumlah Pengguna Wifi Indihome ZTE

FUP atau Fair Usage Policy merupakan salah satu kebijakan yang dibuat Indihome untuk mengatur batas penggunaan internet yang wajar. Kebijakan ini muncul diawal Februari 2016, dimana apabila pemakaian internet melebihi batas kuota tertentu yang sudah ditetapkan, maka kecepatan internet akan perlahan menurun. Kecepatan internet akan kembali normal apabila pengguna telah membayar tagihan bulanannya. Setaip pengguna Indihome memiliki batas FUP masing-masing sesuai dengan kecepatan yang dipilih/digunakan, misalnya; FUP 10 Mbps, apabila pemakaian melebihi 300GB, maka kecepatan internet akan berkurang menjadi 7,5 Mbps. Penurunan ini hanya sebatas kecepatannya, dan bukan kuota, karena kuota yang diberikan oleh Indihome yaitu Unlimited.

Untuk mengatasi pemakaian berlebihan pengguna Wifi, kalian bisa mengatasinya dengan membatasi jumlah pengguna Wifi Indihome. Cara ini dapat kalian terapkan, agar kecepatan wifi modem tidak lemot, akibat jumlah pengguna yang berlebihan. Untuk membatasi jumlah pengguna Wifi kalian perlu masuk ke pengaturan modem ZTE melalui komputer/hp kalian. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Pertama kalian perlu masuk atau connect ke wifi, 
  2. Buka browser, lalu ketik 192.168.1.1 pada address bar, lalu tekan enter.
  3. Masukan username dan password yang sama yaitu user  
  4. Selanjutnya masuk ke menu Network, dan pilih SSID Settings. 
  5. Kemudian pada cari tulisan Maximum Klien, tulis jumlah pengguna yang kalian ingin batasi, 
  6. Lalu tekan Submit untuk menyimpan perubahan tersebut.
Dengan membatasi jumlah pengguna wifi, maka pemakaian internet kalian bisa sedikit berkurang. Meski demikian, itu semua kembali ke pemakaian penggunanya masing-masing, apakah menggunakan internet hanya untuk browsing saja, atau menggunakannya untuk streaming, gaming dan downloading. Sekian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas. 

Post a Comment

0 Comments