Cara Memproteksi Data Dalam Flashdisk

Flashdisk merupakan media portabel untuk penyimpanan data digital. Flashdisk hadir dengan berbagai jenis merek dan kapasitas. Beberapa flashdisk dilengkapi dengan tombol lock untuk memproteksi flashdisk. Apabila flashdisk di lock atau dikunci maka pengguna tidak dapat mentransfer atau mengedit data di dalam flashdisk. Tombol lock ini dapat digunakan apabila kalian ingin melindungi data di dalam flashdisk. Contohnya, dalam flashdisk kalian menyimpan file penting, sehingga untuk melindungi file tersebut agar tidak sampai dihapus maka kalian dapat mengaktifkan tombol lock. Meski demikian tidak semua flashdisk memiliki tombol lock untuk memproteksi data dalam flashdisk.

Di tutorial ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara membuat flashdisk menjadi write protected atau terproteksi. Apabila flash disk kamu menjadi protected maka file dalam flash disk tidak dapat dihapus dan flash disk tidak dapat diformat. Artinya kalian hanya dapat membaca flash disk tersebut (read only) sehingga isi data dalam flashdisk tetap aman.

Untuk membuat flash disk menjadi write protected caranya sebagai berikut:
1. Sebelum mulai masukan flash disk kalian ke laptop. Lalu ketik cmd pada kolom pencarian di Taskbar
2. Buka Command Prompt dengan cara klik kanan, lalu pilih Run as Administrator 
3. Pada halaman diatas ketik diskpart, lalu tekan enter
4. Selanjutnya ketik list disk, lalu tekan enter
5. Ketik select disk 2, lalu tekan enter (angka 2 adalah lokasi disk pada list disk,  ganti dengan angka sesuai dengan lokasi disk kalian)
6. Ketik attributes disk set readonly lalu tekan enter
7. Akan muncul bahwa flash disk kalian berhasil telah di atur ke read only. Untuk periksa ketik saja "attributes disk"

Kini flashdisk kalian sudah terlindungi dan data dalam flash tidak dapat dihapus. Cara ini dapat kalian gunakan apabila kalian ingin membagikan file ke beberapa komputer menggunakan flashdisk. Tentunya flash disk kalian akan terlindungi dari penularan virus karena statusnya terproteksi.

Untuk mengembalikan status flashdisk seperti semula, kalian dapat membaca artikel pada link berikut ini:
https://www.techdidak.com/2020/02/solusi-mengatasi-write-protected-pada.html

Sekian cara membuat proteksi pada flashdisk, semoga tutorial ini bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments