Cara Mengamankan Flashdisk dengan Password - Bitlocker

Apabila kamu memiliki data yang penting di flashdisk, maka sebaiknya kalian perlu memproteksi data tersebut agar orang lain tidak dapat melihat atau mengambilnya. Untuk melindungi data, kalian perlu mengenkripsi flashdisk sehingga orang lain tidak dapat mengakses dengan mudah. Pada Windows 10, kalian tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk mengenkripsi flashdisk, hal ini karena sudah ada aplikasi bernama Bitlocker yang dapat kalian gunakan untuk melindungi data kalian di flashdisk dengan password.

Fitur enkripsi Bitlocker hanya bekerja pada Windows 10 Pro. Apabila kalian menggunakan Windows 10 Home, maka kamu tidak bisa gunakan fitur ini. Untuk mengecek edisi Window yang kalian gunakan ikuti langkah berikut:
1. Klik kanan pada Start Menu di kiri bawah Taskbar.
2. Pilih Settings, lalu klik System
3. Scroll ke bawah, lalu klik About
4. Scroll ke bawah, lalu cek Edisi Windows kamu.

Di tutorial ini, saya menjelaskan cara untuk mengamankan atau mengunci flashdisk dengan menggunakan aplikasi Bitlocker yang terdapat pada windows 10.

Untuk mengunci flashdisk kalian langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk ke file explorer, lalu masukan flashdisk ke port usb
2. Klik kanan pada flashdisk, lalu pilih Turn on Bitlocker
3. Centang "Use a password to unlock the drive"
4  Masukan password kalian pada kolom kosong, lalu klik Next.
5. Klik "Save to a file", untuk menyimpan password dalam file di komputer kalian. Tulis nama file, lalu klik Save, kemudian klik Next
6. Selanjutnya tentukan besaran drive yang kamu ingin enkripsi. Disini sebaiknya kamu memilih "Encrypt used disk space only" agar proses enkripsi lebih cepat.
7. Klik Next, kemudian untuk modenya pilih yang Compatible mode, kemudian klik Next
8. Klik Start Encrypt, lalu tunggu proses enkripsi sampai selesai.

Setelah process enkripsi selesai, flashdisk kamu akan diproteksi dengan password. Masukan password jika ingin membuka isi flashdisk, kemudian klik Unlock Apabila kalian ingin mematikan Bitlocker, caranya juga sangat mudah:
1. Masuk ke file explorer
2. Klik kanan pada flashdisk, lalu pilih Manage Bitlocker
3. Kemudian pilih Turn off Bitlocker  untuk menghilangkan proteksi pada flashdisk kalian.

Oke guys sekian penjelasan singkat mengenai cara mengunci flashdisk dengan password Bitlocker, semoga tutorial ini dapat bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.
 

Post a Comment

0 Comments