Cara Rekam Video dari Layar Laptop Langsung di Windows 10

Bagi kalian yang menggunakan Windows 10 sebagai OS, tentunya tidak perlu repot-repot mendownload atau menginstal aplikasi perekam layar, karena Windows 10 menawarkan fitur perekaman video di layar yang dikhususkan untuk gaming. Fitur perekaman layar ini bernama Game Bar, dan untuk merekam aktivitas di layar, maka kalian perlu mengaktifkannya. Bagi kalian yang suka gaming atau membuat video tutorial, fitur ini dapat kalian gunakan untuk merekam layar secara langsung. Pada Game Bar kalian dapat menyalakan dan merekam suara melalui microphone sambil merekam layar. Ada beberapa shortcut keys yang dapat kalian gunakan untuk mengontrol langsung aktivitas melalui Game Bar, seperti membuka game bar, melakukan screen shot, dan mengambil rekaman. Hasil perekaman game bar disimpan dalam format mp4.

Meski demikian, fitur ini masih banyak kekuarangan, salah satunya yaitu kalian hanya dapat merekam aktivitas pada satu windows, sehingga jika kalian switch atau ganti ke windows lain, perekaman langsung dihentikan dan simpan. Selain itu Game Bar juga memiliki  fitur yang terbatas, dibandingkan software perekaman layar pada umumnya, seperti tidak adanya pengaturan ukuran layar yang ingin direkam, pengaturan kualitas video, pengaturan efek cursor, dan lainnya.

Untuk mengaktifkan Game Bar di PC/laptop kalian berikut adalah langkahnya:
1. Klik kanan pada logo Windows (Start Menu) di kiri bawah taskbar.
2. Klik Settings
3. Klik Gaming
4. Nyalakan toggle (ON) "Record game clips, screenshot and broadcast...."

Setelah Game Bar aktif kalian bisa langsung merekam layar. Untuk menggunakan Game Bar terlebih dahulu kalian menekan tombol Windows + G untuk membuka panel Game Bar. Selanjutnya kalian dapat mengontrol Game Bar melalui panelnya, atau menggunakan Shortcut keyboard. Berikut ini adalah beberapa tombol shortcut yang dapat kalian gunakan:
- Ambil Screen Shot (Win+Alt+PrtScrn)
- Merekam dan Berhenti Merekam (Win+Alt+R)
- Microphone Nyala/Mati (Win+Alt+M)

Game Bar sebenarnya dibuat untuk digunakan sebagai Xbox di PC. Jadi jika kalian bermain XBox bisa menggunakan tool ini untuk merekam Layar, sayangnya fitur Broadcast di Game Bar sudah tidak dapat digunakan lagi.

Demikian informasi dari Techdidak mengenai cara merekam video atau aktivitas layar di laptop atau komputer pada windows 10, semoga bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments