Dukungan Adobe Flash Player Berakhir Desember 2020

Adobe Flash Player merupakan suatu perangkat lunak komputer atau plugin yang digunakan untuk menjalankan konten atau aplikasi multimedia, animasi, streaming audio dan video pada website. Flash Player dapat dijalankan langsung dari browser web kalian sebagai plug-in browser atau pada perangkat seluler yang mendukung atau berasosiasi dengan aplikasi ini.

Meski Flash Player sudah aktif digunakan selama 20 tahun untuk menjalankan konten multimedia secara online pada situs web, Adobe secara resmi Adobe telah memberitahukan bahwa mereka tidak akan menggunakan Flash Player pada tahun 2020.

Hal ini dikarenakan beberapa teknologi terbaru telah dikembangkan untuk menjalankan aplikasi multimedia seperti WebGL, HTML5 dan lainnya. Banyak pengguna juga telah bermigrasi ke situs web yang tidak menggunakan plugin Flash Player dikarenakan lebih cepat dan aman untuk dijalankan.



Google Chrome berencana akan menonaktifkan dan menghapus teknologi Flash Player pada akhir tahun 2020 di browser mereka. Saat ini Google Chrome telah memberitahukan kepada pengguna browser terkait hal tersebut dan mulai memblokir Flash secara default. Apabila pengguna membuka situs web yang menggunakan Flash, Chrome akan meminta ijin ke pengguna untuk menjalankan Flash Player yang masih terpasang.

Pada tahun 2021, situs web yang dimuat dengan Flash Player, sudah tidak dapat dijalankan sepenuhnya. Flash player juga akan dinonaktifkan secara default pada browser lain seperti Microsoft Edge, Internet Explorer, Firefox dan Safari. Hal ini juga untuk  mendorong pembuat konten untuk memigrasi dari konten Flash yang ada ke tekonologi yang lebih baru, aman, cepat dan efisien untuk digunakan.

Post a Comment

0 Comments