Kemungkinan Microsoft Akan Menghapus Live Tiles di Windows 10

Meski belum resmi, namun sepertinya Microsoft akan menghapus Live Tiles pada Start Menu di Windows 10. Dugaan ini muncul setelah Microsoft merilis Windows 10X yang merupakan edisi terbaru dari Windows 10 yang didesain untuk menyerupai 2 layar pada perangkat Microsoft, dan kemungkinan akan digunakan pada sistem operasi berikutnya. Windows 10X adalah versi moderen dengan desain user interface yang sangat sederhana, dimana pengguna dapat membagi layar menjadi dua bagian terpisah.

Windows 10X sebenarnya belum merupakan produk final, karena belum dirilis ke user. OS ini hanya disediakan bagi developer Windows, karena masih dalam tahap pengembangan. Windows 10X sepertinya akan digunakan pada produk-produk Microsoft dengan layar lipat salah satunya seperti produk Microsoft yang akan keluar di pasar yaitu Surface Neo.

Windows 10X mempunyai Start Menu yang sangat sederhana, dengan penempatannya dibagian tengah dari Taskbar. Ketika dibuka terdapat kolom pencarian pada bagian atas dari Start Menu, sedangkan dikolom bawah dimuat icon aplikasi yang diinstal yang disusun berbentuk grid. Yang menarik dari Start Menu pada Windows 10X ini, yaitu tidak terdapat Live Tiles seperti yang digunakan pada Windows 10. Live Tiles merupakan kotak yang berotasi yang memuat link dari suatu program dan informasi terupdate aplikasi tertentu seperti Ramalan Cuaca, dll. Namun sebernarnya, fitur ini sangat jarang digunakan oleh user.


Dugaan akan dihilangkannya Live Tiles dari Windows 10 juga dikarenakan, pada beberapa saat lalu, Microsoft mengeluarkan icon terbarunya yang disebut Fluent Design. Icon ini memang berbeda dibandingkan icon-icon bawaan Windows sebelumya, karena icon Fluent Design lebih elegant dengan warna menarik, namun juga mudah dikenal oleh user. Icon terbaru ini belum sepenuhnya dirilis, namun sepertinya apabila icon Microsoft dipasang pada Live Tiles terasa kurang cocok. Icons-icons tersebut lebih cocok apabila menggunakan design grid seperti pada Windows 10X karena lebih sederhana dan praktis.

Post a Comment

0 Comments