Perbedaan antara Smarphone Low-End, Mainstream, High-End dan Flagship

Hp bukan lagi merupakan sebuah keinginan, namun merupakan suatu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki di zaman moderen saat ini. Hp memiliki fungsi yang beragam, misalnya sebagai media komunikasi, informasi, sosial, hiburan, dokumentasi, dan lain-lain. Kebutuhan dan fungsi hp juga disesuaikan dengan spesifikasi dan harga hp yang beragam. Spesifikasi hp selalu mengalami perkembangan teknologi dari masa ke masa. Saat ini semakin banyak hp dengan spek yang canggih dengan harga yang sangat mahal. Ada juga hp dengan harga yang lebih murah dengan spek yang memadai. Harga hp yang mahal juga akan perlahan akan menurun, dengan berkembangnya teknologi pada smartphone. Untuk itu produsen smartphone selalu menyesuaikan kebutuhan, spesifikasi dan harga yang beragam sehingga dapat laku terjual di pasar.

Masuk di Pasar pada pertengahan tahun 2019, Asus Zenfone 6 dikenal sebagai Flagship killer (Foto: Asus)
Segmentasi pasar smarphone dibagi menjadi beberapa kategori yaitu low-end, mainstream, high-end dan flagship. Pembagian ini sengaja dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan atau level di pasar, sesuai dengan spesifikasi dan harga. Dengan adanya segementasi pasar yang berbeda, produsen hp dapat membuat target penjualannya atau bermain di pasar dengan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Perlu diketahui bahwa spesifikasi dan harga selalu mengalami perubahan dari masa ke masa, dimana level smartphone dapat berubah atau menurun tingkatannya. Di sisi lain, harga smartphone akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan pembaharuan pada perangkat keras ataupun lunak. Berikut ini saya akan menjelaskan perbedaan antara segmentasi pasar penjualan smarphone yang terbagi atas empat kategori diatas.

Level Low-End
Segmen ini sering juga disebut dengan istilah entry level smartphone yang umumnya untuk hp dengan harga yang murah dengan beberapa fitur unggulan. Entry level juga termasuk hp kelas menengah dan atas yang mengalami penurunanan harga dan spek seiring berkembangnya teknologi. Hp entry level umumnya menargetkan pembeli yang masih awam dengan kebutuhan fitur smartphone yang terbatas, disamping menargetkan mereka yang juga memiliki dana yang terbatas. Secara teknis  hp entry level memiliki spek perangkat keras dengan rendah, seperti menggunakan memori, kapasitas penyimpanan dan sistem operasi yang  rendah, disamping fitur lain yang mungkin terbatas. Untuk segmen pasar, hp entry level merupakan hp yang sangat murah atau sengaja dibuat terjangkau oleh produsen hp. Meski demikian terkadang hp entry level, memiliki tampilan yang mirip dengan high-end dengan fitur yang lebih diunggulkan. Sementara (2020) pada level low-end, hp umumnya dibanderol dengan harga dibawah 2 jutaan.

Level Mainstream
Segmen ini sering disebut dengan istilah kelas menengah atau mid-range smartphone, yang mana menargetkan pasar hp dengan spesifikasi yang tinggi atau memadai  dengan harga yang terjangkau. Pada kategori ini, biasanya target pasar adalah mereka yang sudah mengenal dan memahami smartphone. Kategori ini umumnya menjadi target utama pasar smartphone karena dapat menghasilkan volume penjualan yang tinggi, karena banyak diincar di pasar. Hal ini dikarenakan smartphone pada level ini banyak yang dicari karena menawarkan spek yang tinggi dengan harga yang cukup di kantong. Pada level mainstream, saat ini (2020), harga hp berkisar antara 2-3 jutaan.

Level High End
Di segmen High-End, atau kelas atas, produsen hp menargetkan konsumen yang menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang sangat bagus dan dijual dengan harga yang tinggi. Produk ini ditargetkan kepada mereka yang mempunyai dana yang cukup banyak, atau kalangan kelas atas. Spesifikasi smartphone pada level high end, umumnya dapat memenuhi kebutuhan untuk jangka panjang, sehingga penguna tidak perlu menggonta ganti hp dalam waktu dekat. Pada kategori High End, biasanya terdapat fitur-fitur unggulan yang membuat harga smartphone lebih mahal dan bersaing di kelas atas. Hp yang unggul dikelas ini kadang juga disebut sebagai flagship killer. Untuk level ini, harga hp yang dipasarkan (2020) berkisar antara 4-6 juta. 

Flagship
Hp flagship adalah hp terbaik yang pernah diproduksi oleh suatu perusahaan atau produsen hp. Hp flagship umumnya dijadikan suatu produk unggulan atau populer dikarenakan fiturnya yang menarik dan terdapat teknologi baru pada smartphone yang diunggulkan atau baru saja keluar di pasar. Secara umum, hp flagship memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan kompetitornya di pasar. Istilah flagship killer dapat juga disematkan pada hp flagship yang memiliki spek yang sama tinggi dengan kompetitornya yang lain, namun dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah. Produsen hp seperti Xiaomi dikenal sebagai flagship killers, karena reputasinya dalam menghasilkan hp yang sangat bagus dari segi spesifikasinya, namun secara ekonomis harganya lebih terjangkau. Produk flagship umumnya dijual dengan harga lebih dari 6 juta. 


Post a Comment

0 Comments