Simak 8 Tips Penting Agar Baterai Hp Awet dan Tidak Bocor

Mungkin kalian pernah mendengat tentang istilah "Baterai Bocor" pada smartphone. Istilah ini sebenarnya menggambarkan kondisi baterai kalian yang mengalami kerusakan, dimana daya baterai kalian apabila dicas tidak terisi dengan baik atau cepat habis. Contohnya ketika kalian sudah mengisi penuh hp kalian, baru digunakan beberapa saat hp kalian sudah drop alias low battery. Ciri-ciri dari baterai yang bocor yaitu baterai tersebut mengembung atau terasa cepat panas. Apabila baterai kalian bocor maka sebaiknya diganti dengan memasang baterai yang baru.

Namun di zaman sekarang ini, produsen smartphone lebih banyak memproduksi hp dengan baterai tanam (non-removeable) sehingga tidak mudah untuk melepas baterai dari dalam ponsel. Tidak seperti zaman dahulu, dimana ponsel lebih banyak menggunakan tipe baterai removeable, yang dapat kalian lepas dengan mudah dengan membuka casing hp. Untuk membuka non removeable baterai, kalian mungkin sebaiknya membawa hp tersebut ke service center atau teknisi yang berpengalaman


Agar baterai kalian tidak cepat bocor atau rusak, maka kalian perlu merawat hp kalian dengan baik, sehingga kalian gak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli baterai baru serta membayar uang servicenya. Berikut ini saya akan menjelaskan tips bagaimana merawat baterai hp kalian agak tidak bocor dan awet selama digunakan:

1. Gunakan Charger Ori
Apabila charger asli kamu hilang atau lupa dibawa, janganlah menggunakan atau membeli charger KW atau palsu. Hal ini karena aliran listrik atau tegangan pada charger palsu berbeda dengan yang asli, dan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Belilah charger ori sesuai dengan tipe hp kamu pada counter resmi, karena memiliki spek yang sesuai dengan hp kamu. Charger palsu harganya lebih murah dibandingkan asli, untuk itu jangan pernah tergiur dengan harga yang murah, karena umumnya cepat rusak casnya dan dapat menyebabkan konselting.

2. Jangan Cas Sambil Main Game atau Telepon
Menggunakan handphone untuk main game dan saat telepon sambil ngecas dapat mempengaruhi performa baterai. Hal ini dapat membuat hp kamu menjadi overheat (panas berlebihan), sehingga baterai bisa menjadi cepat rusak. Sebaiknya apabila baterai sudah habis, matikan hp lalu kalian cas agar baterai bisa terisi dengan cepat, dibandingkan saat hp dalam kondisi menyala. Saat ini hp keluaran baru sebenarnya sudah dilengkapi dengan teknologi yang moderen sehingga aman dalam bermain game sambil charging, hanya saja kalian perlu menggunakan kabel cas yang ori.

3. Jangan Letakan Hp Kamu di Tempat yang Panas
Jangan meletakan hp kamu pada tempat yang panas seperti meletakan di dalam mobil berlama-lama pada siang hari, menaruh di atas kulkas, diatas komputer, dekat kompor dan lain-lain. Selain dapat menyebabkan resiko hp meledak, panas yang ditimbulkan dapat merusak komponen lain pada smartphone kalian. Hindari panas yang berlebihan agar baterai kamu juga tidak cepat rusak.

4. Jangan Biarkan Baterai Hp Sampai 0%
Apabila hp kamu sudah low bet sebaiknya segeralah di cas. Biasanya kalian akan menerima notifikasi bahwa hp sudah low, untuk itu sebaiknya jangan diabaikan. Jangan tunggu hp kalian sampai 0%, dan dibiarkan lama begitu saja. Jika ini sering dilakukan terus menerus dapat membuat baterai menjadi rusak.

5. Jangan Over-Charging Hp
Jangan membiarkan hp kamu kelamaan di cas sampai berjam-jam meski sudah penuh. Hindari kebiasaan ini, apalagi jika kamu menggunakan cas KW. Kalian perlu memperhatikan kondisi atau status baterai pada indikator. Jika dibiarkan, hHal ini dapat merusak baterai kamu dan membuat smartphone menjadi overheat. Meski demikian, untungnya saat ini sudah ada teknologi pada smartphone terbaru untuk menghentikan charging secara otomatis meski hp kamu sudah penuh.

6. Jangan Cas HP di Mobil
Arus listrik yang menalir ke ponsel cenderung tidak stabil apabila kalian cas di mobil khusunya saat mobil dalam keadaan bergerak. Belum lagi apabila kalian menggunakan AC, aliran litrik juga tidak stabil. Hal ini akan merusak komponen pada smartphone dan tidak dapat lagi dicas, serta dapat merusak baterai kalian. Sebaiknya gunakan power bank juntuk cas hp jika kalian hendak bepergian.

7. Jangan Keseringan Cas hp di Laptop dan Power Bank
Jangan biasakan hp kalian di cas terus menerus menggunakan Laptop dan Power Bank. Output listrik dari kedua perangkat tersebut umumnya berbeda dari perangkat smartphone kalian. Contonya output pada laptop lebih rendah sehingga akan memakan waktu lama untuk cas terisi penuh. Hal ini dapat membuat hp cepat rusak dan tidak dapat di cas. Sementara itu power bank, meskipun banyak dijual dipasaran, power bank yang kalian gunakan belum tentu memiliki spek aliran listrik yang sesuai dengan hp kalian. Belum lagi apabila kalian membeli power bank yang KW. Sebaiknya apabila kalian ingin cas menggunakan laptop atau power bank, jangan terlalu keseringan karena akan membuat baterai menjadi tidak awet.

9. Gunakan Baterai Ori
Apabila baterai hp kamu sudah bocor, dan ingin menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya beli produk yang ori yang spesifikasinya sesuai dengan baterai yang kalian gunakan sebelumnya. Belilah dari produsen yang sama, dan hindarilah produk murahan, karena dengan menggunakan baterai ORI, kamu gak usah kuatir lagi baterai cepat bocor.

Post a Comment

0 Comments