Perbedaan Antara HDD, SSHD dan SSD - Tips Memilih Media Penyimpanan Data

Membeli media penyimpanan data yang bagus dan cocok untuk komputer atau laptop merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangan dengan baik agar tidak salah memilih dan menyesal dikemudian hari. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan apabila ingin membeli laptop, atau mengupgrade tempat penyimpanan atau hard disk yang sesuai atau cocok untuk kebutuhan kalian. Komponen penyimpanan atau hard disk terdiri dari tiga tipe yaiu Hard Disk Drive (HDD), Solid State Hyrid Drive (SSHD) dan Solid State Drive (SSD). Ketiga tipe penyimpanan ini mempunyai perbedaan masing-masing, sehingga kalian perlu memilih jenis penyimpanan yang tepat sesuai dengan spek komputer dan budget kamu. Mari kita simak perbedaan antara tiga penyimpanan hard disk tersebut:

Hard Disk Drive (HDD)
Hard Disk Drive merupakan perangkat penyimpanan data yang sudah ada sejak lama dan masih digunakan hingga saat ini. Perangkat ini memiliki lengan mekanik yang bergerak untuk menulis dan membaca data pada piringan cakram dilapisi bahan magnetik yang bergerak memutar dengan kecepatan tinggi. Bagian piringan dibagi menjadi trak atau sektor, yang dapat menyimpan informasi pada area yang spesifik. HDD memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan media penyimpanan lainnya seperti SSHD dan SSD. Meski demikian kecepatan membaca masih tergolong rendah karena secara desainnya HDD menggunakan komponen magnetik yang bergerak. HDD juga murah rusak apabila terjadi guncangan kuat akibat jatuh sehingga dapat membuat data menjadi korup. Perangkat ini juga memiliki bentuk yang jauh lebih berat dan besar, serta mengkonsumsi lebih banyak daya saat digunakan. HHD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar pada laptop mulai dari 256GB sampai lebih dari 20TB. Untuk form factor, HDD pada laptop memiliki ukuran 2,5 inci, sedangkan untuk desktop berukuran 3,5 inci.

Solid State Drive (SSD)
SSD merupakan media penyimpanan generasi terbaru yang menggunakan susunan IC atau integrated circuit sebagai flash memori untuk menyimpan data. Media penyimpanan SSD tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD, sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik, apabila terjatuh, digerakan aau ditempatkan pada suhu tinggi.  SSD memiliki kemampuan menyimpan dan membaca data lebih cepat, serta lebih hemat daya. SSD saat ini banyak digunakan oleh gamers pada laptop atau PC, karena dapat meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih cepat. SSD memiliki kemampuan membaca, menulis serta proses menjalankan boot yang lebih cepat. SSD juga memiliki berat yang lebih ringan secara fisik, namun secara ekonomi harganya jauh lebih mahal dibandingkan media penyimpanan lainnya. Secara form factor, SSD tersedia dalam tiga bentuk, yaitu berukuran 2,5 inci, serta bentuk mSata dan M.2. SSD menggunakan salah satu dari 2 protokol untuk mentransfer data, yaitu AHCI dan NVMe. NVMe merupakan protokol yang lebih canggih dan baru untuk memori non-volatile dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat. Kelemahan dari SSD sendiri yaitu selain harganya yang terbilang mahal, memiliki ruang penyimpanan yang masih terbatas, serta memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan HDD.

Media Penyimpanan Data SSD
Solid State Hybrid Drive (SSHD)
SSHD merupakan kombinasi penyimpanan yang menggabungkan HDD dan SSD. SSHD memiliki kemampuan penyimpanan yang cepat yang bisa diandalkan untuk gamers, karena kemampuannya lebih bagus jika dibandingkan dengan HDD. Hal ini juga membuat harganya lebih mahal dibandingkan HDD, namun sedikit lebih rendah dari SSD. Karena SSHD dibagi menjadi dua kapasitas penyimpanan, maka pada SSHD terdapat chip pengontrol yang mengatur jenis data yang disimpan pada SSD atau HDD. Bagian SSD umumnya menyimpan data yang penting dan perlu cepat diakses. Hal ini membuat SSHD bekerja lebih cepat dibandingkan HHD pada saat booting. Meski demikian SSHD juga rawan terhadap guncangan karena memiliki priringan yang bergerak seperti HDD.

Demikian penjelasan perbedaan antara HDD, SSHD dan SSD. Semoga dapat memberikan ide buat kalian yang ingin mengupgrade atau membeli laptop yang cocok untuk kebutuhan kalian. Jika kamu menginginkan kecepatan yang lebih bagus untuk komputer kalian, mungkin sebaiknya kalian memilih SSD. Jika kamu menginginkan kecepatan yang bagus, namun dengan budget yang terbatas, maka sebaiknya pilih SSHD.

Post a Comment

0 Comments