Google Adsense Ditolak - Inventaris berharga sedang dibuat

Jangan menyerah ketika Google Adsense di TOLAK! Kalimat ini memang menjadi kalimat penyemangat dikala saya ditolak Google Adsense untuk pertama kali. Memang untuk mendaftar Google Adsense tidaklah mudah apalagi untuk blogger pemula seperti saya yang mencoba menulis dari nol dengan pengalaman yang minim. Kebijakan Google Adsense harus dan wajib kita perhatikan, pelajari serta lakukan dengan benar apabila kita ingin mengikuti program adsense. Semua yang kita lakukan dalam membuat blog tentunya membutuhkan pengorbanan dan kerja keras. Saya juga telah mempelajari cara membuat blog sesuai dengan keinginan adsense termasuk mengikuti 5 langkah yang saya tulis sebelumnya dalam postingan berjudul 5 Cara Tips Mudah dan Cepat untuk Diterima Google AdSense.

Ketika kita frustrasi di situlah kita akan meninggalkan pekerjaan atau hobi kita, apalagi frustrasi ditolak Google Adsense. Jika diingat kembali saya mulai mendaftarkan Google Adsense pada tanggal 29 April jam 7 malam. Setalah melakukan pendaftaran saya mendapatkan email dari google adsense mengenai ID penayangan saya, 3 langkah yang saya harus lakukan untuk menghasilkan uang seperti (1) memberikan alamat pembayaran, (2) verifikasi nomor telepon, serta (3) memasukan kode untuk menghubungkan blog saya ke adsense. Langkah 2 dan 3 telah saya lakukan namun langkah 1 belum dapat saya lakukan karena belum diapprove atau disetujui untuk mengikuti program Adsense. Setelah mendaftar umumnya pihak Google akan melakukan peninjauan terhadap situs untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dari program adsense. Menurut mereka bahwa proses peninjauan membutuhkan waktu sehari bahkan lebih, dan akan memberitahukan ke kita.

Setelah menunggu sehari belum juga ada email dari pihak Google Adsense, setiap hari saya hanya mengecek email untuk mengetahui jawaban mereka. Setelah menunggu lama, pada tanggal 12 Mei pukul 6 sore, saya mendapatkan email masuk dari pihak Google Adsense, dengan subjek Status permohonan AdSense Anda, hati saya pun tidak sabar untuk membuka email tersebut dengan harapan bahwa saya akan diterima. Setelah membuka email tersebut, saya kemudian membaca surel dari Google yang berisi status permohonan saya sebagai berikut secara garis besar:

"Setelah melakukan peninjauan, staf kami menyimpulkan bahwa permohonan Anda tidak memenuhi kriteria program kami. Oleh karena itu, kami tidak dapat menerima Anda untuk berpartisipasi dalam program kami"

Wow saya pun terkejut dan kecewa melihat isi surat tersebut, dan lambat laun saya mulai jarang menulis blog. Padahal yang perlu saya lakukan adalah membaca isi surat tersebut dengan baik, dan memperbaiki apa yang menjadi hambatan pengajuan adsense saya ditolak. Di surel tersebut juga terisi jelas bahwa "anda dapat melakukan perubahan dan mengajukan kembali permohonan Adsense di kemudian hari".

Setelah vakum beberapa minggu dari blogging saya mulai mendapatkan inspirasi menulis lagi. Saya tidak mengambil pusing apa yang sebelumya membuat saya kecewa sehingga meninggalkan blogging untuk sementara waktu. Saya hanya berpikir bahwa saya ingin membagikan informasi dan pengalaman melalui blogging. Setelah menulis beberapa artikel saya penasaran kembali apa sih isi pesan dan maksud dari Google Adsense melalui surelnya. Kemudian hari saya langsung membuka situs Google Adsense dan langsung terdapat informasi bahwa saya perlu memperbaiki beberapa hal untuk dapat menggunakan Adsense.

Setelah membaca informasi dari mereka yang ditujukan untuk blog saya, sebenarnya ditemukan pelanggaran kecil yang tidak sesuai dengan kebijakan Adsense. Apa sih pelanggarannya? Poin yang saya garis bawahi disini adalah terkait Inventaris berharga: Sedang dibuat. Maksud dari mereka yaitu sebenarnya mereka tidak akan menampilkan iklan di blog saya dikarenakan halaman di blog saya navigasi atau atau interaksi kontennya sulit digunakan. Setelah berpikir jernih dan mencoba memahami keinginan Google Adsense ternyata memang benar apa yang dikatakan mereka. Blog saya memang memiliki menu navigasi utama dan button sosial media yang belum saya sertakan link sehingga sulit untuk dinavigasi. Dan apabila saya sudah memperbaikinya saya dapat mengajukan permohonan kembali dengan menyatakan bahwa "saya telah memperbaiki pelanggaran kebijakan di http://techdidak.com". 


Dengan membaca pernyataan tersebut saya ternyata masih diberikan kesempatan untuk memaksimalkan potensi blog melalui Google Adsense. Hal ini menjadi penyemangat dan saya akan berusaha memperbaiki apa yang diinginkan Google Adsense. Memang benar Kebijakan Google Adsense seperti kopi yang rasanya pahit, namun kalau sudah diminum dapat membuka mata kita.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments