Fungsi dan Cara Pasang Pin di Komentar Youtube

Ada salah satu tools menarik di youtube, yang mungkin masih jarang diketahui oleh Youtuber pemula. Tool tersebut adalah Pin, yang disematkan disamping komentar para penonton. Tentunya video yang menarik dan kontroversial dengan jumlah viewers yang banyak akan mengundang lebih banyak orang untuk memberikan beragam jenis komentar, mulai dari hal-hal positif, hingga hal negatif. Kalau channel kalian memiliki banyak penggemar, tentunya akan lebih banyak komentar positif yang diberikan. Namun apabila kalian memiliki lebih banyak haters maka akan menulai komentar pedas. Komentar merupakan salah satu elemen penting yang dapat memberikan lebih banyak keyword pada video kalian, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap SEO youtube (atau pencarian video youtube). Meski demikian ada beberapa video youtube yang memilih untuk menghilangkan atau menyembunyikan komentar agar tidak mengundang pro dan kontra. Padahal sebenarnya komentar negatif pun akan membuat SEO kalian lebih baik, meskipun tidak disukai kalian. Untuk itu jangan sampai kalian termakan pada komentar negatif penonton, anggaplah itu hanya masukan atau saran saja.

Youtube memang memiliki sejumlah tools yang terletak pada bagian komentar yang dapat kalian gunakan seperti like (suka), dislike (tidak suka), love (kagum), dan pin (tanda). Pin adalah salah satu tool penting yang dapat membantu kalian untuk mensortir komentar positif dari komentar negatif. Sama seperti pin a tweet yang terdapat di twitter, pin pada youtube juga memiliki fungsi yang sama, dimana dengan memberikan pin pada sebuah komentar berarti kita memberikan komentar tersebut posisi paling atas pada kolom komentar, sehingga akan lebih dulu dibaca oleh viewers. Pin juga membantu untuk mempromosikan komentar yang menurut kalian baik untuk dibaca atau disimak, sehingga dapat memberikan inspirasi dan nuansa positif kepada pemirsa serupa. Tentunya para viewers lebih banyak membaca komentar dibagian atas dibandingkan dengan komentar di bagian bawah. Pin dapat diterapkan untuk menghindari komentar-komentar negatif yang bermunculan di halaman video kalian. Nah, bagaimana cara menggunakan pin, untuk itu simak ulasannya berikut ini:

Cara Memasang Pin di Kolom Komentar 
  • Pertama-tama untuk memasang pin pada video kamu, terlebih dahulu login ke channel kamu di Youtube.
  • Klik icon channel kamu di halaman dashboard youtube, lalu pilih channel anda.
  • Untuk melihat komentar terbaru yang masuk ke channel kalian, klik tombol Youtube Studio (Beta). Pada halaman selanjutnya pilih menu Komentar pada panel sebelah kiri.
  • Disini tersedia beberapa pilihan atau tools untuk memberikan penilaian terhadap komentar, namun tidak terdapat tool untuk pin, untuk itu kamu perlu membuka video yang memperoleh komentar terbaru di youtube dengan mengklik icon Lihat Komentar di Youtube di sebelah kanan video.
  • Scroll ke bagian bawah komentar, lalu klik tanda seperti gambar dibawah, lalu klik Pasang pin
  • Perhatikan bahwa komentar yang kamu pin akan menempati posisi teratas pada kolom komentar.
  • Untuk melepas pin, kalian hanya perlu lakukan langkah yang sama pada kolom komentar, lalu klik Lepas pin

Post a Comment

1 Comments

  1. Pin itu penting. Biar kita bisa memunculkan komentar yang bisa menjadi andalan kita.

    ReplyDelete