Inilah Pengganti Fitur Anotasi dari Youtube: Kartu Youtube

Ketika melihat judul diatas pasti kalian akan bertanya-tanya! Mas bro, itu anotasi maksudnya apa ya, gak ngerti? Oke bagi yang tau alias masih pemula, anotasi adalah salah satu fitur untuk menambahkan caption cuplikan ke layar video kamu. Cuplikan tersebut kamu bebas untuk memilihnya, mulai dari teks, link, banner dan lainnya. Tujuan menampatkan anotasi yaitu untuk menyampaikan pesan ke penonton. Kalian bebas menempatkan posisi anotasi kapan dan dimana saja pada video kamu. Anotasi ini biasanya digunakan oleh youtuber sebagai bahan promosi produk dan juga mengingatkan mereka untuk berlangganan konten atau menonton video kamu yang lain. Karena anotasi itu fiturnya sangat flexibel, maka ada banyak manfaat yang bisa diambil dengan memasang fitur ini.

Pemasangan anotasi sebaiknya memperhatikan keindahan dan kenyamanan dari penonton, sehingga penempatannya harus memperhatikan ruang atau posisi, ukuran, jumlah dan waktu. Pemakaian anotasi yang berlebihan tentunya dapat membuat pengunjung merasa terganggu, karena menutup tampilan video yang sedang mereka tonton. Sayangnya sejak 15 Januari 2019, Youtube memberhentikan atau menghapus semua fitur anotasi di Youtube, meski pemakaian fitur ini sempat sebagian dihentikan pemakaiannya untuk pengguna baru pada Mei 2017. Penghapusan fitur ini dikarenakan pemakaian anotasi yang jumlahnya lebih rendah serta pemakaian anotasi yang berlebihan. Penurunan pemakaian anotasi ini juga disebabkan karena fitur ini tidak dapat muncul pada tampilan melalui hp, dimana sebagian besar pengunjung berasal. Fitur anotasi yang dihilangkan, kini telah digantikan dengan fitur kartu dan layar akhir. Bahkan yang menariknya, kedua fitur Youtube tersebut sama-sama dapat digunakan pada layar seluler kamu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fitur Kartu yang mirip dengan anotasi, namun dapat dengan mudah kalian gunakan pada video.

Kartu youtube dapat menampilkan link video, playlist, website, jejak pendapat, channel, dan lain-lain. Kartu Youtube adalah suatu notifikasi yang dirancang untuk mempromosikan produk, barang, menggalang dana atau pesan ajakan lain, serta memunculkan konten dari video kalian. Fitur kartu ini hanya dapat dibuat melalui Creator Studio Klasik. Kartu akan muncul disebelah kanan atas video apabila penonton mengklik tanda lingkaran (teaser) yang muncul, sedangkan pada perangkat seluler dengan mode potrait akan muncul dibawah pemuternya. Penonton tidak akan terganggu apabila kalian menampilkan kartu, karena mereka memiliki pilihan untuk melihat kartu. Meski demikian penempatan kartu harus disesuaikan dengan baik dengan video kalian sehingga memberikan kesan ketika penonton sedang melihat video kalian. Penempatan kartu juga sebaiknya relevan dengan konten yang berjalan pada video kalian. Jangan menempatkan kartu pada jeda yang sempit, untuk itu berikan sedikit jeda.

Cara Menggunakan Kartu Youtube untuk Membuat Anotasi

  • Masuk ke Youtube, lalu login ke akun channel kalian.
  • Klik ikon channel di sebelah kanan atas, lalu pilih Channel Saya. Masuk ke Youtube Studio (Beta) >> Creator Studio Klasik >> Pengelola Video.
  • Klik Edit pada Video yang ingin kalian tambahkan Kartu, lalu pada tekan menu Kartu
  • Klik tombol Tambahkan Kartu, akan muncul beberapa fitur kartu dengan fungsinya masing-masing. 
  • Contohnya saya akan membuat fitur Video atau Playlist untuk mempromosikan video atau playlist yang saya buat.
  • Tekan tombol Buat, pilih video atau playlist YouTube  untuk menyarankan konten terkait kepada penonton kalian, kalian juga dapat memasukan URL video. 
  • Klik pada Spoiler bagian bawah "Sesuaikan teks teaser dan/atau tambahkan pesan kustom". lalu masukan pesan custom dan teks teaser. 
  • Setelah selesai, tekan tombol Buat Kartu
  • Kalian dapat menambahkan kartu tambahan untuk Video atau Playlist seperti langkah diatas. Kartu yang digunakan maksimal lima.
  • Apabila kalian menambahkan Kartu Channel, maka kalian harus menggunakan nama atau url channel lain, bukan channel kalian sendiri.
  • Jika ingin mengedit kartu cukup klik tombol edit disamping untuk mengubah kartu tersebut.
  • Kronologi kartu akan dimunculkan pada timeline dibawah dan kalian dapat menyesuaikan kartu mana yang ingin ditampilkan lebih dahulu dengan menggeser kartu di timeline.
Untuk menggunakan kartu tautan kalian harus bergabung dengan Program Youtube Partner terlebih dahulu sehingga memudahkan Youtube untuk memastikan validitas channel dan kepatuhannya dalam Pedoman Komunitas. Fungsi Kartu tautan dapat kalian gunakan untuk menautkan situs web milik kalian sendiri dan situs bisnis lainnya.

Post a Comment

0 Comments