Mengapa Jumlah Subscriber Youtube Kamu Berkurang.

Subscriber atau pengikut adalah seseorang yang berlangganan konten kalian, sehingga mereka dapat memperoleh informasi dari video kalian yang diupdate. Subscriber sangat penting dalam meningkatkan jumlah tontonan video kalian. Apabila kamu memiliki subscriber meningkat maka jumlah view kalian juga akan ikut bertambah. Subscriber adalah elemen penting dari fondasi sebuah channel youtube. Tanpa subscriber maka sudah pasti video kalian tidak mendapat perhatian di Youtube. 

Ketika kalian membangun sebuah channel Youtube, maka kalian akan memperoleh informasi mengenai jumlah subscriber yang mendaftar di channel kalian. Informasi mengenai jumlah subscriber kalian dapat melihat misalnya pada halaman video yang kalian tonton, halaman channel, pengalih akun, bahkan pada beberap situs pihak ketiga yang menggunakan API data dari Youtube. Selain itu kalian dapat melihat siapa saja yang berada dalam daftar subscriber kamu pada Creator Studio Klasik. Untuk melihat list subscriber tersebut saya pernah menjelaskan dalam artikel berikut: Cara Melihat Siapa Yang Subscribe Youtube Channel Kamu.

Jumlah subscriber youtube yang dapat dilihat pada Youtube Studio (hp) dan Youtube Studio (Beta) selalu diperbaharui secara real time. Real time adalah perubahan yang disesuaikan dengan waktu sesungguhnya, artinya apabila ada beberapa orang yang subscribe channel kamu maka jumlah subscriber akan meningkat secara langsung sesuai dengan waktu mereka subscribe. Sementara pada Youtube Creator Studio Klasik, perubahan pada jumlah subscriber sedikit tertunda antara 24-48 jam. 

Jumlah subscriber pada channel kamu sebenarnya akan mengalami fluktuasi, artinya selalu ada peningkatan dan penurunan jumlah. Meski demikian penurunan jumlah subscriber tidak terjadi secara drastis seperti yang kalian bayangkan. Penurunan jumlah subscriber secara real-time sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya:
  1. Penonton memilih untuk unsubscribe channel kamu karena merasa tidak bermanfaat, kurang menarik, dan lain sebagainya.
  2. Youtube menghapus beberapa subscriber spam dari channel kamu. Pemberitahuan mengenai penghapusan subscriber spam umumnya dilakukan youtube melalui Youtube Studio kamu.
  3. Akun youtube yang berlangganan channel kamu sudah dihapus oleh subscriber kamu. 
  4. Akun youtube subscriber kamu dihentikan oleh Youtube karena telah melanggar Kebijakan dari youtube.
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa subscriber spam adalah subscriber yang diperoleh pengikut melalui pihak lain (berbayar atau tidak berbayar) atau tindakan buatan. Youtube selalu melakukan pemantauan untuk menjegah terjadinya pelanggaran kebijakan dengan cara menghapus subscriber spam yang sejatinya bukan merupakan pelanggan sejati yang tertarik dengan channel kamu atau video yang kamu upload. Subscriber spam umumnya tidak akan disertakan dalam perhitungan jumlah total subscriber atau tidak akan disertakan dalam list atau daftar subscriber channel kamu.  

Apabila di channel kamu terdapat fluktuasi jumlah subscriber yang mengalami perubahan secara drastis atau tidak normal, maka hal tersebut dapat kamu laporkan ke Pihak Youtube untuk ditindaklanjuti. Kalian dapat menjelaskan situasi yang terjadi atau mengambil screen shot sebagai bukti penjelasan. Laporan tersebut dalam kalian kirimkan dengan cara:
  • Login ke Youtube
  • Klik ikon profil disebelah kanan atas
  • Pilih tombol "Kirim Masukan", lalu jelaskan isi laporan kamu.
  • Klik tombol Kirim

Post a Comment

0 Comments