Walaupun Sempat Ditolak: Akhirnya Selamat Blog Techdidak.com Di Terima Google Adsense

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog yaitu dengan mengikuti Program Google AdSense. Google AdSense menawarkan program PPC (pay per click) untuk iklan yang mereka tayangkan melalui situs atau blog. Anda akan mendapat komisi apabila pengunjung mengklik iklan yang kalian tayangkan atau berdasarkan halaman yang mereka tayangkan (per seribu impresi). Program ini banyak digemari jutaan orang di seluruh dunia karena memiliki jumlah iklan yang banyak, terpercaya, metode pembayaran yang efektif, serta penghasilan yang cukup untuk sekedar beli uang jajan dan lain-lain.

Baca Strategi Agar Diterima Google Ads
Untuk mendaftarkan dan mengikuti program ini memang cukup mudah (Cara Daftar Google Adsense), namun untuk disetujui atau dilibatkan menjadi member di program ini lebih sulit dari yang kalian bayangkan, karena semua itu membutuhan strategi dan pengorbanan. Salah satu strategi yang pernah saya bahas yaitu pada artikel saya sebelumnya mengenai "5 Cara Tips Mudah dan Cepat untuk Diterima Google AdSense". Inilah strategi yang perlu kalian lakukan agar kalian bisa di approve dari Google AdSense. Jika kalian membaca artikel tersebut, cukup jelas apa yang saya telah rangkum dalam halaman yang singkat. Namun tidak cukup disitu saja, ada hal lain yang perlu kalian pelajari dan jalankan yaitu mengenai "Kebijakan Program Google AdSense". Dalam artikel ini kalian dapat membaca apa yang seharusnya dan dilarang untuk kalian lakukan agar menjadi anggota Google AdSense. Untuk itu sebaiknya jangan langsung tergiur untuk mendaftarkan AdSense, karena kalian perlu mempelajari strategi dan ketentuan AdSense.

Kecewa!
Apabila kalian sudah melakukan semua strategi seperti yang saya jelaskan diatas, cobalah mendaftarkan diri kalian di program ini. Saya sih pernah ditolak 2x saat mendaftar, memang saya juga terburu-buru hingga melupakan bagian kecil yang perlu saya perbaiki. Waktu pertama kali daftar saya sempat menunggu jawaban Google lebih dari 1 minggu, dan saat membuka email ternyata saya ditolak dengan alasan bahwa "Inventaris berharga sedang dibuat". Maksud dari Google adalah bahwa saya memiliki menu navigasi yang tidak menyertakan link, dan itu memang benar. Kemudian saya perbaiki beberapa hari setelah itu, dan mengirimkan permohonan saya kembali ke Google AdSense. Tiga hari kemudian saya menerima balasan yang cukup cepat dari Google yang masih menolak permohonan saya dengan alasan yang sama seperti diatas. Saya sempat kecewa dan binggung kenapa saya masih ditolak terus, padahal saya sudah berusaha untuk perbaiki apa yang diinginkan Google. Google memang tidak menjelaskan secara rinci apa permasalahan dari permohonan AdSense kita. Kita juga tidak dapat menanyakan ke Google alasan mereka. Kemudian saya lihat kembali blog saya, dan mencoba menganalisis masalahnya. Saya berpikir mungkin alasan Google menolak blog saya karena ada link di blog yang rusak, akhirnya saya coba lagi mengecek link yang rusak, eh ternyata hasilnya 0 alias gak ada link yang rusak (Klik disini untuk baca cara mencari link yang rusak). Hal ini membuat saya cukup frustrasi dan binggung harus berbuat apa. Saya kembali membuka akun Google AdSense, karena kecewa saya klik kembali permohonan untuk kedua kali bahwa "saya telah memperbaiki masalah tersebut", walaupun sebenarnya saya hanya sekedar iseng untuk melihat apa reaksi dari Google. Setelah 4 hari kemudian saya melihat bahwa di blog saya tiba-tiba muncul iklan dari Google Ads, karena penasaran saya melihat gmail saya dan mendapati ada email balasan dari Google.

Kabar Baik!
Saat itu juga saya langsung masuk ke email tersebut, dan mendapati ucapan selamat dari Google AdSense "Selamat! Situs Anda (http://techdidak.com) sudah bisa menampilkan iklan AdSense dan mulai menghasilkan uang." Hati saya pun senang dan terkejut melihat bahwa apa yang saya usahakan tersebut itu berhasil, meski saya baru saja membuat blog ini. Karena saking senangnya saya langsung memasang iklan di blog saya. Jika dilihat sebelumnya, tidak membutuhkan waktu lama untuk saya diterima dari Google AdSense, meskipun saya sempat ditolak 2x. Saya kemudian berpikir kok untuk kali yang kedua Google menerima respon saya dengan baik padahal saya cuma iseng mengirimkan permohonan kedua, eh saya berpikir mungkin saja karena reviewer yang membaca dan menilai blog saya orangnya berbeda, dan mungkin dia menilai bahwa blog ini sudah memenuhi aturan atau ketentuan yang diharapkan oleh Google Ads.

Kesimpulan
Dari pembelajaran ini saya hanya ingin sampaikan ke teman-teman sekalian bahwa jangan pernah menyerah untuk meraih apa yang kamu usahakan, disitulah kamu akan jatuh dan belajar apa yang kamu harus lakukan. Jatuh memang sakit, tapi lebih sakit lagi kalau kalian menyerah dan melihat orang lain berhasil walaupun mereka baru melangkah sama seperti kamu. Kejatuhan merupakan awal kalian belajar dan mencari solusi untuk membangun fondasi yang lebih kuat. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan apabila kalian punya pengalaman lain silahkan sharing di komentar bawah ini. Sukses Gan!

Post a Comment

0 Comments